Minggu, 29 Mei 2016

TIPS MENDAPATKAN RUMAH SEWA/KOS YANG NYAMAN BAGI MAHASISWA DI BANDA ACEH


assalamualaikum wr.wb
            rumah sewa/kos merupakan rumah singgah sementara khususnya bagi mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di tempat orang, meskipun bagi sebagian orang menganggap bahwa mencari rumah sewa/kos adalah hal mudah dan sepele, namun sebenarnya rumah sewa/kos berperan penting dalam memotivasi belajar mahasiswa, oleh karena itu penting kiranya saat ingin tinggal di perantauan memperhatikan rumah/kos yang akan ditempatinya mulai dari teman serumah sampai dengan tingkat keamanan, dan kalau kamu mendapat rumah sewa/kos dengan bantuan dari orang yang kamu kenal perlu kiranya kamu cek dulu huniannya sebelum membayar panjar, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:
1.      Teman kos
Ketika kamu memtuskan untuk tinggal dengan seseorang, pastikan kamu mengetahui bagaimana sifat dan karakternya, jangan sampai kamu serumah dengan orang yang jorok dan malas membersihkan rumah karena nantinya kamu akan kerepotan sendiri membersihkan rumah yang ditinggal bersama tetapi kamu nya malah jadi pembantu, otomatis waktu belajar mu akan terkuras. Pastikan juga untuk membuat roster kebersihan demi kenyamanan bersama.

2.      Air bersih
Perhatikanlah air bersih di rumah sewa tersebut sebelum menyewanya, tanyakan apakah si pemilik rumah menyediakan air bersih yang memenuhi standar baik dari sumur, PDAM, atau kedua-duanya sekaligus. Jika si pemilik menyediakan air PDAM lantas yang perlu ditanyakan adalah berapa tagihan air PDAM nya perbulan (tagihan standar air PDAM untuk 3 orang penghuni kos di Banda Aceh perbulannya adalah Rp. 30.000-Rp.50.000)
3.      Tagihan listrik
Tanyakan pada pemilik kos apakah rumah yang akan disewakan tersebut masih memakai ampere pasca bayar atau sudah menggunakan ampere prabayar, jika memang masih menggunakan ampere pasca bayar perlu anda ketahui berapa amperenya dan berapa tagihan perbulannya, karena banyak rumah sewa/kos yang menggunakan ampere pasca bayar dengan tagihan perbulannya terlalu mahal dari tagihan rumah sewa/kos pada umumnya hal ini bisa saja karena ampere yang dipakai mencapai 10 watt yang menyebabkan kamu harus bayar bebannya yang lumayan besar, bayangkan saja seorang mahasiswa maksimal penggunaan listriknya hanya untuk menanak nasi di ricecooker, cas hp, cas laptop, lampu di malam hari,   kipas angin, setrika dan Sanyo tetapi dengan penggunaan seperti itu kadang-kadang ada yang tagihannya Rp.80.000 ke atas perorang dalam sebulan (biasanya standar tagihan listrik untuk seorang mahasiswa adalah Rp.30.000-Rp. 45.000 perbulannya)

4.      Keamanan
Perlu kiranya bagi kamu yang masih asing dengan lingkungan yang akan ditempati mempertanyakan seberapa aman lingkungan rumah sewa/kos yang akan kamu tempati. Perhatikan apakah rumah yang akan kamu sewa tersebut memiliki pagar dan apakah jendelanya dilengkapi dengan teralis jendela, kemudian tanyakan kepada orang-orang yang tinggal di lingkungan tersebut seberapa sering maling beraksi di ligkungan itu.

5.      Jemuran
Jangan menganggap jemuran adalah hal sepele saat mencari rumah sewa/kos yang akan kamu huni, karena jika rumah yang kamu sewa tidak memiliki jemuran yang memadai otomatis kamu akan kerepotan saat menjemur pakaian mu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mencari rumah sewa/kos di Banda Aceh. Alasan penulis membagikan tips ini adalah supaya adek-adek atau kawan-kawan mahasiswa yang masih baru dengan lingkungan Banda Aceh lebih teliti dalam memilih tempat hunian, tak perlu yang harga mahal tetapi utamakan kenyamanan, keamanan, kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar, sebab meskipun kamu menyewa rumah/kos dengan harga yang mahal namun apabila kamu merasa tidak nyaman, tidak aman, kebersihan tidak dijaga maka rugi besar itu namanya.
Selamat mencoba! Bagi kamu-kamu calon mahasiswa/i baru yang kesulitan dan butuh bantuan mendapatkan rumah sewa/kos di Banda Aceh silakan tinggalkan komentar mu di kolom komentar. Inshaallah kalau ada kemudahan dan waktu saya siap memberi saran dan merekomendasikan beberapa rumah sewa/kos layak huni untuk adek-adek dan kawan-kawan semua..:)

Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar